Maaf, Blog ini tidak akan update selamanya, silakan ke Blog baru saya "Informasi Ponsel Dan Gadget"
Maaf, Blog ini tidak akan update selamanya, silakan ke Blog baru saya "Informasi Ponsel Dan Gadget"

Senin, 14 Februari 2011

Ponsel Lokal banting harga

Ponsel layar sentuh di tahun ini membanjiri pasar tanah air. Apalagi, ponsel Android yang sudah beberapa lama ini bermain di jejaran smartphone dan Tablet PC untuk merebut pasar Indonesia yang dulunya dikuasai oleh vendor lokal.
Di tambah lagi, harga ponsel berlayar sentuh (misal: Android) kini cukup terjangkau sehingga membuat para vendor lokal gigit jari.

Demi menstabilkan keadaan, vendor lokal membuat strategi salah satunya adalah dengan cara membanting harga menjadi semakin murah dengan fitur yang lengkap.
Vendor lokal lainnya juga ada yang mempromosikan produk mereka dengan harga yang cukup murah. Rata-rata fitur yang ditawarkan cukup lengkap seperti TV, Dual-SIM, Multimedia, MicroSD, DLL.

Hanya ada beberapa vendor lokal saja yang masih mempertahankan harga normal dari produk yang mereka tawarkan kepada para konsumen. Di antaranya: Cross dan Nexian yang masih unjuk gigi hingga tak tersingkirkan dari bursa ponsel lokal.

Untuk mendorong penjualan di tengah persaingan yang kian ketat, vendor lokal mengadakan pameran produk mereka kepada masyarakat Indonesia.

Strategi vendor global

Karena para vendor global alias vendor merek ternama sudah mulai geram karena pasar dikuasai oleh vendor-vendor lokal. Maka, kini selain semakin rajin mengemas produk dengan harga yang terjangkau, vendor ternama ini juga punya strategi jitu untuk menyingkirkan vendor lokal dari bursa ponsel.

Vendor Nokia yang menggelar 'Lucky Draw' bagi para konsumen yang membeli ponsel Nokia C7 yang menjalankan OS Symbian^3 dengan memberikan sebuah mobil sport bagi yang beruntung. Lalu, vendor ternama lainnya yakni Motorola, Samsung, dan LG juga sedang giat-giatnya mengeluarkan ponsel terbaru mereka dengan fitur baru yang mirip seperti yang sudah ada pada ponsel lokal. Misalnya, teknologi Dual-SIM yang belakangan ini marak dihadirkan vendor global.

Tak hanya ponsel, fenomena Tablet PC yang belakangan ini banyak diperbicarakan semakin meruntuhkan reputasi vendor lokal. Demi mempertahankan posisi mereka (vendor lokal) , mereka juga mempersiapkan Tablet PC-nya. Misalnya saja, Handroid dari CSL dan Olivepad dengan menjalankan OS Android dari Google.

Tahun 2011 ini mungkin merupakan tahun kembalinya kejayaan para vendor global yang di tahun sebelumnya sempat dikuasai oleh vendor-vendor lokal.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Apa komentar Anda?
Jika Anda ingin berkomentar, silakan isi kotak putih ini dengan komentar Anda. Jika koneksi jaringan Anda lemot, Anda masih bisa berkomentar menggunakan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Berlangganan Artikel

Berlangganan Artikel Via EMAIL
Dapatkan kiriman artikel terbaru langsung ke email anda

Followers